Selasa, 19 April 2022

ANALISA POSTER MC DONALD AYAM GORENG EXTRA SPICY MENGGUNAKAN PROSES PENGAMATAN SENSASI YANG BERUBAH MENJADI PERSEPSI

ANALISA POSTER MC DONALD AYAM GORENG EXTRA SPICY MENGGUNAKAN PROSES PENGAMATAN SENSASI YANG BERUBAH MENJADI PERSEPSI

Proses analisa yang dilakukan pertama kali adalah dengan mengamati sensasi-sensasi yang timbul ketika melihat poster Mc Donald Ayam Goreng Extra Spicy. Sensasi merupakan proses manusia dalam menerima informasi sensoris melalui penginderaan dan menerjemahkan informasi tersebut menjadi sinyal-sinyal neural yang bermakna dan mengandung arti. Dalam poster tersebut, kita dapat menangkap sensasi-sensasi di dalamnya, seperti:

1.     Sensasi rasa pedas, hal ini disebabkan dalam poster ayam goreng tersebut dikelilingi oleh  cabai merah yang mengindikasi bahwa ayam tersebut pedas. Selain itu, latar belakang berwarna merah juga menjadi salah satu penyebab karena merah identik dengan warna api. Warna api juga dapat dihubungkan dengan rasa pedas di mana memberi sensasi terbakar di dalam mulut. Selain itu, bentuk font yang digunakan juga mempengaruhi sensasi rasa pedas.

2.     Sensasi renyah dan garing, hal ini dapat dilihat dari bentuk ayam yang dibalur dengan tepung. Ayam goreng tepung identik dengan sensasi renyah. Walaupun hanya poster, namun audience dapat menyimpulkan ayam tersebut renyah dan garing berdasarkan tekstur dan warna yang dihasilkan ayam goreng tersebut pada poster.

3.     Sensasi panas, hal ini disebabkan adanya gambar asap dan percikan api pada ayam goreng tersebut. Asap dan percikan api menandakan bahwa ayam goreng tersebut masih segar, baru ditiriskan sehingga terasa panas ketika dihidangkan.

4.     Sensasi aroma tajam dan berbau menyengat, hal ini dilihat dari produk ayam pedas yang identik dengan penggunaan sambal dari cabai. Cabai identik dengan aroma yang khas, yaitu tajam dan menyengat. Apalagi ditambah dengan tulisan “3X Spicier”, hal ini menambah sensasi aroma yang akan dihasilkan akan jauh lebih tajam dan menyengat.

5.     Sensasi suara “kriuk” yang dihasilkan dari tekstur ayam goreng. Suara ini akan muncul begitu saja di dalam otak kita walaupun hanya melihat poster ini karena melihat kembali produk ayam goreng tepung yang renyah dan garing sehingga ketika dimakan akan menghasilkan suara “kriuk”.

Setelah mendapatkan informasi sensasi-sensasi yang muncul ketika melihat poster tersebut, maka kita dapat menarik persepsi yang muncul. Persepsi merupakan proses pemberian makna pada sensasi sehingga manusia memperoleh pengetahuan baru. Dengan kata lain persepsi mengubah sensasi menjadi informasi. Persepsi setiap orang juga dapat berbeda karena dipengaruhi oleh kondisi masing-masing individu, seperti apakah kita dalam keadaan sadar, stres, emosional, atau sedang dipengaruhi obat-obatan.

Dari kelima sensasi yang dihasilkan, audience akan berpersepsi bahwa ayam goreng tersebut sangat pedas, nikmat, dan membuat audience membayangkan mereka sampai menangis dan mengeluarkan ingus ketika memakannya, selain itu ayam goreng ini akan enak jika dimakan langsung di tempat daripada dibawa pulang. Mengapa demikian? Karena audience mendapatkan informasi sebelumnya melalui analisa sensasi-sensasi yang muncul pada poster produk ayam goreng Mc Donald. Selain itu juga mendapatkan informasi melalui produk ayam goreng Mc Donald sebelumnya, di mana ayam goreng tersebut lebih enak dikonsumsi di tempat karena masih panas dan renyah. Sedangkan untuk rasa pedas yang disimpulkan berasal dari poster tersebut yang memberi perhatian lebih dalam warna dan font yang menonjolkan rasa pedas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

GATRA DAN RACANA PADA NIRMANA

      Jika pada blog sebelumnya kita telah mengenal konsep dasar dan unsur rancang dari nirmana, maka pada blog ini kita akan membahas dan m...