ANALISA POSTER MC DONALD AYAM GORENG
EXTRA SPICY MENGGUNAKAN PROSES
PENGAMATAN SENSASI YANG BERUBAH MENJADI PERSEPSI
Proses analisa yang dilakukan pertama kali adalah
dengan mengamati sensasi-sensasi yang timbul ketika melihat poster Mc Donald
Ayam Goreng Extra Spicy. Sensasi
merupakan proses manusia dalam menerima informasi sensoris melalui penginderaan
dan menerjemahkan informasi tersebut menjadi sinyal-sinyal neural yang bermakna
dan mengandung arti. Dalam poster tersebut, kita dapat menangkap
sensasi-sensasi di dalamnya, seperti:
1.
Sensasi rasa
pedas, hal ini disebabkan dalam poster ayam goreng tersebut dikelilingi
oleh cabai merah yang mengindikasi bahwa
ayam tersebut pedas. Selain itu, latar belakang berwarna merah juga menjadi
salah satu penyebab karena merah identik dengan warna api. Warna api juga dapat
dihubungkan dengan rasa pedas di mana memberi sensasi terbakar di dalam mulut.
Selain itu, bentuk font yang
digunakan juga mempengaruhi sensasi rasa pedas.
2.
Sensasi renyah
dan garing, hal ini dapat dilihat dari bentuk ayam yang dibalur dengan tepung.
Ayam goreng tepung identik dengan sensasi renyah. Walaupun hanya poster, namun audience dapat menyimpulkan ayam
tersebut renyah dan garing berdasarkan tekstur dan warna yang dihasilkan ayam
goreng tersebut pada poster.
3.
Sensasi panas,
hal ini disebabkan adanya gambar asap dan percikan api pada ayam goreng
tersebut. Asap dan percikan api menandakan bahwa ayam goreng tersebut masih
segar, baru ditiriskan sehingga terasa panas ketika dihidangkan.
4.
Sensasi aroma
tajam dan berbau menyengat, hal ini dilihat dari produk ayam pedas yang identik
dengan penggunaan sambal dari cabai. Cabai identik dengan aroma yang khas,
yaitu tajam dan menyengat. Apalagi ditambah dengan tulisan “3X Spicier”, hal ini menambah sensasi aroma
yang akan dihasilkan akan jauh lebih tajam dan menyengat.
5.
Sensasi suara “kriuk” yang dihasilkan dari tekstur ayam
goreng. Suara ini akan muncul begitu saja di dalam otak kita walaupun hanya
melihat poster ini karena melihat kembali produk ayam goreng tepung yang renyah
dan garing sehingga ketika dimakan akan menghasilkan suara “kriuk”.
Setelah mendapatkan informasi sensasi-sensasi yang
muncul ketika melihat poster tersebut, maka kita dapat menarik persepsi yang
muncul. Persepsi merupakan proses pemberian makna pada sensasi sehingga manusia
memperoleh pengetahuan baru. Dengan kata lain persepsi mengubah sensasi menjadi
informasi. Persepsi setiap orang juga dapat berbeda karena dipengaruhi oleh
kondisi masing-masing individu, seperti apakah kita dalam keadaan sadar, stres,
emosional, atau sedang dipengaruhi obat-obatan.
Dari kelima sensasi yang dihasilkan, audience akan berpersepsi bahwa ayam
goreng tersebut sangat pedas, nikmat, dan membuat audience membayangkan mereka sampai menangis dan mengeluarkan ingus
ketika memakannya, selain itu ayam goreng ini akan enak jika dimakan langsung
di tempat daripada dibawa pulang. Mengapa demikian? Karena audience mendapatkan informasi sebelumnya melalui analisa
sensasi-sensasi yang muncul pada poster produk ayam goreng Mc Donald. Selain
itu juga mendapatkan informasi melalui produk ayam goreng Mc Donald sebelumnya,
di mana ayam goreng tersebut lebih enak dikonsumsi di tempat karena masih panas
dan renyah. Sedangkan untuk rasa pedas yang disimpulkan berasal dari poster
tersebut yang memberi perhatian lebih dalam warna dan font yang menonjolkan rasa pedas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar